Rabu, 27 Maret 2013

Konsultasi kesehatan olahraga - Aeromodelling

Dok, saya atlet aeromodelling, dalam berlomba kami harus fokus mengendalikan pesawat melalui remote control. Bagaimana agar kami bisa konsentrasi dan makanan apa saja yang mesti dikonsumsi dan dihindari agar tetap konsentrasi serta fit dalam berlomba. Terima kasih atas jawabannya.....

Nanang Sulaiman
08125181431.

Jawab :
1.Tingkatkan unsur kebugaran dasar yang menunjang aktivitas Aeromodelling yang meliputi :
a. Kebugaran metabolik : Jaga kadar lemak, baik dalam darah maupun lemak total dalam tubuh.Kadar lemak darah yang terlalu tinggi berpotensi mengganggu sirkulasi darah dan mudah menaikkan tekanan darah.Sirkulasi darah yang kurang baik ke otak menurunkan kemampuan otak untuk dapat berkonsentrasi dengan baik dalam waktu yang lama.
b. Kekuatan & daya tahan otot. Aktivitas aeromodelling membutuhkan otot yang baik sehingga dapat berdiri dan mengendalikan remote dalam waktu lama tanpa capek.Anda tidak perlu sekekar Ade Rai, tapi pastikan 10 otot ini terlatih dengan baik : betis,paha depan,paha belakang,pinggul,punggung,bahu,bicep,tricep,dada dan perut. Latihan beban secara rutin 3x seminggu dengan loading bertahap sudah cukup untuk mendapatkan otot yang kuat.
c. Daya tahan jantung-paru. Anda tidak harus memiliki VO2max setinggi pemain bola, namun pastikan VO2max-nya dalam kategori baik. Kebugaran jantung-paru yang baik akan membuat seorang atlet mampu bertanding secara stabil dalam waktu yang lama, baik fisik maupun mental. Latihan endurance seperti jalan cepat,joging,renang,senam aerobik secara teratur 3-5 kali/minggu dalam intensitas sedang (70-80 % nadi maksimal) selama 30-45 menit sudah cukup untuk menjaga kebugaran jantung-paru.

2. Atur pola makan dengan baik.
Kurangi makanan berlemak, atur asupan protein dan perbanyak buah-buahan. Makanan yang baik sangat berperan dalam menunjang daya tahan berolahraga dan mempercepat proses recovery. Proses recovery yang baik akan membantu Anda untuk dapat berlomba dengan stabil dalam beberapa waktu/hari secara berturut-turut. Makanan yang baik saat bertanding di alam terbuka adalah yang mengandung karbohidrat kompleks dan banyak air. Contoh praktisnya seperti ini : 2-3 jam sebelum berlomba makanlah menu yang sehat seperti nasi (beras merah lebih bagus) atau kentang rebus dengan lauk ayam dan ikan yang dipanggang atau direbus + sayur dengan kuah yang tidak bersantan + buah yang banyak mengandung air (semangka, pepaya, melon). Hindari makanan yang banyak mengandung minyak seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng tepung, kuah yang bersantan dan sebagainya. Vitamin atau suplemen yang dapat membantu adalah yang memiliki efek antioksidan (vit. A,C,E, Selenium, Glutation,astaxanthin, dsb) untuk mencegah kerusakan sel dan vitamin B untuk mencegah kelelahan pada sistem daraf. Menu yang lebih ideal sebaiknya diatur secara khusus oleh dokter gizi dan nutrisionis.

3. Cegah dehidrasi
Sebaiknya sejak sehari sebelum berlomba Anda sudah memperbanyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan segar. 2 jam sebelum berlomba minumkah 500-600 ml (2 gelas air putih), dan ulangi lagi 300 ml sesaat sebelum lomba. Bila cuaca panas dan lembab, jumlah cairan yang diperlukan bisa lebih banyak lagi. Bawa tempat minum portabel (portable water bag) dengan dilengkapi sedotan panjang, sehingga setiap saat Anda dapat minum dengan mudah. Jangan tunggu sampai haus, setiap 10-15 menit Anda dapat minum beberapa teguk atau lebih, apalagi saat cuaca panas dan lembab. Ingat, kekurangan cairan 2 % saja konsentrasi akan mulai terganggu. Hindari minuman bersoda, kafein dan yang terlalu manis.

4. Cegah "heat stroke" akibat sengatan matahari
Bila berlomba, pastikan Anda terlindung dari sengatan sinar matahari secara langsung. Topi, kaca mata dan sunblock dapat membantu. Selain itu yang paling penting mencegah heat stroke adalah minum air putih yang cukup.

5. Manajemen "hati"
Yang dimaksud adalah menjaga konsentrasi agar tetap fokus dengan baik. Biasakan melakukan metode relaksasi untuk melepas ketegangan. Program latihan mental untuk meningkatkan daya tahan psikologis juga perlu sehingga emosi dapat terkontrol dan otak dapat konsentrasi terus menerus dalam waktu yang lama. Masalah pribadi juga harus dikelola dengan baik sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Lebih baik bila melibatkan psikolog olahraga dalam mempersiapkan mental sebelum dan selama berlomba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar