Rabu, 27 Maret 2013

Tanya jawab seputar kesehatan olahraga - Futsal

1. Adiit Raveena Manchurian (Facebook)
untuk dr Nanang Tri Wahyudi : mau nanya Apa olahraga futsal baik untuk kesehatan kita ?????

Jawab :
Futsal baik untuk kesehatan asalkan mengikuti prinsip olahraga sebagai berikut :
1. Sesuai kondisi fisik&kesehatan.Karena futsal termasuk olahraga high impact& memiliki intensitas tinggi dengan ritme yang tidak teratur, maka futsal "haram" hukumnya bagi orang yang kegemukan, memiliki masalah persendian, dan yang beresiko terkena serangan jantung (perokok,usia > 45 th,hipertensi,kolesterol tinggi,diabetes,tidak teratur berolahraga). Dianjurkan untuk tes kesehatan&kebugaran terlebih dahulu sebelum mulai bermain futsal. Di Kalsel, tes kebugaran&konsultasi dapat dilakukan di Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Kalsel Jl. A.Yani km 22.
2. Bertahap. Bagi pemula,jangan memaksakan bermain secara penuh dalam 2x20 menit terus menerus dalam intensitas tinggi. Atur ritme permainan dengan baik sehingga konfidi fisik yang belum bugar tidak cepat terkuras. Selalu awali futsal dengan pemanasan dan diakhiri dengan proses pendinginan yang baik (silahkan cek di situs fifa tentang pemanasan yang baik) selama 10-15 menit.
3. Teratur. Olahraga akan memberi efek yang baik bila terjadi proses adaptasi fisiologis dari tubuh terhadap latihan jasmani/olahraga. Minimal lakukan olahraga 2-3 kali/minggu. Olahraga yang hanya 1 kali/minggu tidak dapat membuat seseorang lebih sehat dan bugar,bahkan akan cenderung menurunkan kondisi fisik.
4. Tempat & waktu yang aman. Kapan dan dimana bermain futsal?di lokasi yang tidak panas,bagus sirkulasi udaranya, dan saat tubuh tidak terlalu lelah. Ingat, bila bermain futsal di malam hari, pukul 9 malam olahraga sudah harus dihentikan agar proses recovery dapat berlangsung dengan baik.

2. Dok, saya baru saja mencoba main futsal. Kenapa baru 10 menit main, kepala saya terasa pusing. Apa kurang pemanasan. Untuk pemula, biasanya perlu pemanasan khusus kah dan berapa lama agar tidak pusing lagi?

Syahrial
08771668XXXX

Jawab:
Kepala pusing saat main futsal ada 2 kemungkinan, pertama karena kekurangan oksigen,yang kedua karena tekanan darah meningkat secara drastis.kedua hal tersebut terjadi pada individu yang kurang bugar.
Sebagai olahraga yang dominan unsur anaerobiknya, futsal menggandalkan ambang laktat dan VO2 max yang tinggi untuk dapat bermain dengan baik. Kebugaran jantung-paru harus prima,sehingga asam laktat yang banyak terbentuk dapat segera dinetralisir dengan cepat. Karakteristik futsal yang dominan anaerobik,pola intensitas interval (kombinasi intensitas tinggi&rendah) yang tidak teratur membuat olahraga ini sebenarnya berbahaya bagi yang kondisi fisiknya tidak bugar. Ini yang harus dilakukan agar aman bermain futsal :
1. Periksakan kondisi kesehatan dan kebugaran ke dokter olahraga atau Balai Kesehatan Olahraga (BKOM) Kalsel agar dilakukan "screening kebugaran", sehingga dapat ditentukan kesiapan fisik untuk bermain futsal.
2. Tingkatkan kebugaran melalui program latihan yang teratur dan bertahap.
3. Program pemanasan sebelum bermain futsal haruslah dilakukan dengan serius. Bertahap mulai joging,lari,lompat&penguatan otot-otot utama untuk bermain futsal (quadricep,hamstring&gastrocnemius).Contoh program pemanasan dapat dilihat di situs FIFA.
3. Pastikan cukup istirahat sebelum bermain futsal. Jangan paksakan bermain futsal di malam hari dan kondisi fisik yang lelah.
4. Konsumsi makanan yang berkualitas. Sebelum bermain futsal, 2-3 jam sebelumnya pastikan sudah mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan mengandung banyak cairan.



- Posted using BlogPress from my iPad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar